Senin, 12 April 2010

PERNAPASAN SAAT BERMAIN GITAR

Apakah anda suka bermain gitar?
Saat bermain gitar selain membutuhkan konsentrasi dan teknik juga ada faktor lain yang mempengaruhi permainan kita seperti alat yang kita gunakan. Banyak sekali teknik bermain gitar yang diantaranya teknik hammer on, pull off, harmonik, slide dan lain-lain. Alat yang digunakan pun mempengaruhi permainan kita, dalam hal ini kita juga membutuhkan kenyamanan. Namun dari dua hal di atas ada faktor yang mempengaruhi permainan kita dan hal ini jarang sekali dibicarakan, yaitu pernapasan.

Secara tidak sadar saya menahan napas pada saat memainkan lick dengan tempo tinggi. Bahkan kadang saya menahan napas hingga selesai memainkan lick. Kadang permainan saya menjadi kacau atau tidak benar dan bahkan terhenti saat saya mencoba menghirup udara. Mungkin ini karena kebiasaan saya.

Dari hal di atas maka saya rasa pernapasan juga berpengaruh terhadap permainan saya. Teknik pernapasan sering sekali digunakan saat bernyanyi. Ada teknik pernapasan dada, pernapasan perut dan pernapasan diafragma atau gabungan dari pernapasan dada dan perut.

Mungkin bagi pemain gitar juga butuh untuk melatih pernapasan saat bermain gitar. Entah itu melepaskan ketergantungan kita dengan irama pernapasan atau mengatur irama pernapasan saat bermain gitar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar